tugas II sistem oprasi deskatop

Tugas II

Sistim operasi desktop

Syarat installasi

Anda harus mengetahui bagaimana cara menginstall windows XP. Agar tidak ada keslahan dalam program. Anda dapat menggunakan buku manual, atau orang yang alhi dalam bidang menginstall dan spesifikasi masalah perinstallan. Anda harus menyiapkan cd windows XP, driver, dan aplikasi yang lainya yg mungkin dibutuhkan, seperti office, photoshop, game.

Langkah – langkah menginstall windows xp

  1.          Hidupkan computer anda, lalu tekan F2/DEL untuk bissa masuk ke dalam bios. Seting waktu dan tanggal , setelah selesai simpan menggunakan F10. Tunggu beberapa detik. Saat muncul tulian press any key to boot from cd tekan next untuk memulai installsi. Setelah itu muncul tampilan windows xp menu edition setup pada bagian ini tekan enter. Akan muncul lmbar perjanjian lalu tekan dengan menggunakan tomboll F8. Dan anda akan masuk pada bagian partisi hardisk. Contoh saya menggunakan hardisk 10GB. dan akan  saya bagi menjadi 2 bagian untuk drive C 5GB. Sebagai tampat penyimpanan installasi. Dan sisanya drive D untuk menyimpan data. Caranya seperti berikut : Tekan tombol [C] untuk membuat partisi (Create Partition), isi ukuran partisi sesuai besar harddisk dan kebutuhan Anda dalam satuan MB. besar). Selanjutnya tekan [Enter]. Setelah selesai dengan proses partisi, Arahkan pada partisi paling atas dan tekan [Enter].

Akan muncul pilihan format harddisk, Untuk harddisk yang baru dipasang, saya sarankan Anda pilih Format dengan cara ketiga yakni ‘Format the partition using the NTFS file system‘ kemudian tekan [Enter]. Pilihan ini akan memformat Harddisk Anda dengan standar file system NTFS. Setelah selesai proses format, Windows akan menyalin file yang dibutuhkan untuk instalasi seperti ilustrasi berikut, tunggu beberapa saat. Setelah proses penyalisan selesai, secara otomatis komputer akan melakukan restart. Untuk mempercepat proses restart, Anda bisa tekan [Enter]. Saat booting ini anda tidak perlu menekan tombola pa –apa tunggu beberapa saat. Lalu tekan next. Dan masukan serial number windows xp. Yang sudah anda ketahui. Lalu tekan next, masukan nama computer bila perlu. Masukan informasi tempat waktu dan tanggal. Lalu tekan next, Windows akan mendeteksi tampilan optimal dari PC Anda. Tekan tombol [OK]. Jika Anda bisa membaca tulisan dalam jendela Monitor Settings dan tulisan di bawahnya, klik [OK]. Lalu tekan next, akan mekaukan restart. Dan selamat installasi windows anda telah berhasil

Installasi software aplikasi

Cara menginstall office 2007

Masukkanlah CD Master Microsoft Office 2007 pada CD/DVD ROM. Kemudian masuklah ke Explorer (Ctrl-E) dan Kliklah Icon CD/DVD ROM, setelah itu klik icon setup.

setelah itu akan muncul tampilan. kemudian Installer akan meminta Anda mengisikan Product Key, isilah Product Key seperti yang terdapat pada CD Master Ms Office 2007Anda.
Selanjutnya Anda akan memilih Paket Installasi pada Ms Office 2007 yang akan di Install. Pilih Install Now (Menginstal semua paket aplikasi Ms Office 2007) atau Custumize (Memilih salah satu dari paket aplikasi pada Ms Office 2007).

kemudian Proses Installasi di mulai. Tunggulah beberapa menit untuk proses installasi ini.proses Installasi selesai. klik Close untuk menyelesaikan proses installasi

Tinggalkan komentar